5 Fitur Multitasking di Perangkat iOS yang Harus Kamu Tahu

Sistem operasi iOS punya beberapa fitur sehubungan dengan kata Multitasking. Yaitu bekerja secara bersamaan dalam satu waktu untuk membuat hidup lebih sederhana dan hemat waktu. Apa saja fitur Multitasking yang dapat digunakan di iOS? Ini dia daftarnya:

5 Fitur Multitasking di Perangkat iOS

  1. Pindah antar aplikasi. Fitur ini sederhana sekali dan pasti semua orang sudah tahu. Yaitu dengan cara tekan Home Button 2x dan lihat daftar aplikasi yang sudah kamu gunakan. Geser ke kiri dan kanan lau tekan lagi untuk kembali menjalankannya. Bagi pengguna perangkat iPhone dengan teknologi 3D Touch, bisa menggunakan cara tambahan yaitu tekan dan tahan layar di sebelah kiri untuk mulai menampilkan efek seperti menekan Home Button 2x.
  2. Slide Over di iPad. Di iOS 9 ke atas pada perangkat iPad, coba swipe dari tepi kanan ke kiri untuk menampilkan daftar aplikasi yang mendukung Slide Over. Mode ini akan membuat aplikasi kedua berjalan di atas aplikasi pertama, tanpa perlu menutupnya. Bisa digunakan untuk membalas email secara cepat, buka Safari atau aplikasi lainnya. Hanya iPad Pro, iPad Air dan iPad Mini 2 atai versi lebih baru yang mendukung Slide Over.
  3. Split View di iPad. Fitur Multitasking ini bekerja dengan cara menjalankan 2 aplikasi sekaligus, membagi layar dalam 2 aplikasi yang berjalan bersamaan. Caranya sama seperti Slide Over, tetapi tarik lebih jauh lagi ke arah kiri. Karena dual processing ini butuh hardware versi baru, hanya iPad Pro, iPad Air 2 dan iPad Mini 4 yang mendukung fitur Split View.
  4. Picture in Picture. Gunakan fitur Picture in Picture untuk menjalankan 2 aplikasi sekaligus dan salah satunya berupa tampilan kecil di sudut layar yang kamu mau. Contohnya adalah melakukan panggila telepon sambil main games atau noton di aplikasi Videos. Perangkat iPad yang mendukung fitur ini hanya iPad pro, iPad Air dan iPad Mini 2 serta device yang lebih baru.
  5. Background App Refresh. Pengaturan Background App Refresh berguna untuk mengijinkan sebuah aplikasi berjalan di belakang layar untuk mendapatkan update konten jika diperlukan. Seperti app Notes yang akan memberikan catatan baru jika ada perubahan lewat perangkat lain atau aplikasi serupa. Mematikan fitur Background App Refresh untuk beberapa aplikasi yang dipilih juga bisa dilakukan sebagai cara menghemat baterai.

Gimana, sudah jelas degan semua fitur Multitasking di iPhone dan iPad? Selamat mencoba ya!

Sumber: Apple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *