Cara Kalibrasi Baterai iPhone dengan Mudah

Perangkat iPhone dan produk Apple lainnya menggunakan baterai dengan teknologi Lithium Li-ion. Meskipun performanya adalah yang terbaik dibandingkan tipe lain, baterai ini juga sesekali perlu kamu kalibrasi ya. Kalibrasi adalah proses untuk menyegarkan setiap cell baterai yang ada di dalam perangkat iPhone. Tujuannya adalah membuat baterai tetap prima di semua bagian.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

  1. Charge perangkat iOS hingga penuh, menunjukkan angka 100% di ikon baterai pada status bar.
  2. Gunakan perangkat iOS secara normal hingga baterai habis.
  3. Setelah baterai benar-benar habis, diamkan perangkat dalam keadaan mati selama 7-8 jam. Ini dilakukan untuk menunggu semua aliran listrik di dalam baterai berhenti.
  4. Setelah masa istirahat, charge lagi baterai di iPhone hingga penuh. Hindari gangguan yang bisa terjadi seperti berhenti charging di tengah jalan karena kabel data terlepas atau sejenisnya.
  5. Jika indikator baterai sudah penuh, silahkan cabut dan lakukan Force Restart.
  6. Selesai, sekarang baterai kamu sudah berhasil melakukan kalibrasi.

Proses kalibrasi ini bisa dilakukan sekali saja setiap bulan atau waktu yang lebih lama. Tujuan dari kalibrasi baterai adalah mendapatkan performa maksimal dari setiap cell baterai yang ada di dalamnya dan perhitungan lebih akurat di sistem operasi. Jadi, jangan kaget jika baterai kamu bisa saja menjadi sedikit lebih boros setelah melakukan kalibrasi.

Sumber gambar: Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *