Selain Ukuran, Apa Perbedaan iPhone 6s dan iPhone SE?

Awal tahun 2016 ini, Apple mengenalkan iPhone SE dengan spesifikasi hardware mirip iPhone 6s namun ukuran dan 90% tampilan fisiknya dari iPhone 5 atau iPhone 5s. Apa saja sih faktor yang membedakan iPhone 6s dan iPhone SE selain ukuran layar? Ada 5 hal penting yang harus kamu tahu mengenai perbedaan iPhone 6s dan iPhone SE, ini daftarnya:

Perbedaan Penting di iPhone 6s dan iPhone SE

  1. 3D Touch. Perangka iPhone 6s punya sensor 3D Touch di layar yang menggunakan teknologi Taptic Engine, sedangnkan iPhone SE tidak. Jadi kamu gak bisa donk menekan dan tahan sebuah ikon di Homescreen untuk mendapatkan shortcut cepat dari aplikasi.
  2. Kamera depan 5MP. Untuk memangkas harga, Apple tidak memberikan kamera depan dengan resolusi 5MP di iPhone SE tapi hanya 1.2 MP. Untuk kamu yang hobi selfie dan tidak masalah dengan iPhone berukuran besar, pilih iPhone 6s pastinya.
  3. Display Zoom dan Reachability. Kedua fitur ini hanya tersedia di iPhone yang menggunakan ukuran diagonal layar 4.7 inci dan 5.5 inci. Karena iPhone SE berukuran hanya 4 inci dan masih cukup handy alias mudah dipegang, fitur ini tidak diberikan.
  4. Touch ID lama dan baru. Semenjak iPhone 6s, Apple memberikan sensori Touch ID generasi baru yang lebih cepat dan minim kesalahan deteksi. Sekali lagi untuk memangkas harga, iPhone SE masih menggunakan Touch ID generasi lama yang pertama kali dikenalkan pada iPhone 5s.
  5. Barometer. Sensor tekanan udara tidak ada di iPhone SE. Aplikasi yang bekerja secara realtime dengan proses deteksi tekanan udara, hanya dapat digunakan di iPhone 6s atau iPhone 7.

Gimana, sudah punya bayangan mengenai iPhone apa yang mau dibeli? Apakah iPhone 6s atau iPhone SE? Selamat membeli iPhone ya!

Sumber gambar: Pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *